MetroIslam.com – Jika kita menelisik ayat-ayat Al-Qur’an maka akan kita temukan fenomena menarik dibalik keagungan solat. Salah satunya adalah ayat-ayat yang mengisyaratkan bahwa solat adalah pintu kabar gembira dari Allah swt.

Coba perhatikan, ternyata Allah memberi kabar gembira kepada Zakaria atas kelahiran Yahya disaat beliau sedang solat di mihrabnya.

Allah swt berfirman,

‎فَنَادَتْهُ الْمَلَائِكَةُ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي فِي الْمِحْرَابِ أَنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكَ بِيَحْيَىٰ

Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya…” (QS.Ali Imran:39)

Begitupula dengan kabar gembira untuk Maryam tentang kelahiran Isa. Sebelum kabar gembira itu disampaikan, Allah memerintahkan Maryam untuk solat.

‎يَا مَرْيَمُ اقْنُتِي لِرَبِّكِ وَاسْجُدِي وَارْكَعِي مَعَ الرَّاكِعِينَ

“Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’.” (QS.Ali Imran:43)

‎إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِّنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah). (QS.Ali Imran:46)

Dua contoh ini memberi pelajaran bahwa seringkali solat menjadi pintu kabar gembira dari Allah untuk hamba-Nya. Bahkan dalam ayat yang lain Allah menggandengkan perintah untuk solat dengan isyarat rezeki dari-Nya.

‎وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa. (QS.Thaha:132)

Maka perbanyaklah solat dan tingkatkan kualitas solat kita setiap harinya. Dan bersiaplah untuk mendapat kabar gembira dan rezeki dari-Nya.

Source: www.khazanahalquran.com

Komentari artikel ini secara ilmiah dan berahlak

komentar