MetroIslam.com – Sekretaris Jenderal Gerakan Muqawama Islam Lebanon (Hizbullah) mengatakan, tujuan diumumkannya Hari Quds Sedunia adalah untuk tetap menjaga al-Quds dalam ingatan dan mencegah terlupakannya janji umat Islam kepada tempat suci ini.

Sayid Hasan Nasrullah mengungkapkan hal itu dalam pidatonya di Hari Quds Internasional di Lebanon, Jumat (1/7/2016).

“Imam Khomeini (ra) menamakan Jumat terakhir di bulan suci Ramadhan setiap tahunnya sebagai Hari Quds Sedunia supaya masalah Palestina selalu hidup dan masyarakat tidak akan melupakannya,” kata Sayid Nasrullah dalam pidatonya yang disiarkan televisi al-Manar seperti dikutip IRNA.

Ia menegaskan, Hari Quds Sedunia adalah hari yang menggambarkan sejarah dan pembasmian rezim Zionis.

Sekjen Hizbullah lebih lanjut mengatakan, Palestina –dari Mediterania hingga ke sungai Yordania– diduduki dan disita dari penduduk legalnya, dan perubahan masa tidak akan menyebabkan legitimasi bagi rezim Zionis.

“Rezim Zionis (Israel) harus dimusnahkan dan hak dikembalikan kepada pemilik aslinya; yaitu Palestina,” tegasnya.

Sekjen Hizbullah lebih lanjut mengungkapkan penentangannya atas segala bentuk kompromi dengan rezim Zionis.

“Satu-satunya jalan bagi rakyat Palestina dan bangsa-bangsa kawasan untuk menghadapi rezim Zionis adalah perlawanan dan kelanjutan perlawanan ini,” ujarnya.

Sayid Nasrullah juga mengkritik sejumlah negara regional dan mengatakan, negara-negara ini mengakui rezim Zionis, bahkan berkolaborasi dengan rezim penjajah dan perampas tanah Palestina ini untuk menarget Hizbullah.

“Mengakui rezim Zionis (Israel) dalam bentuk apapun adalah terlarang,” tegasnya.

Menurutnya, anasir-anasir Amerika Serikat dan Israel di negara-negara seperti Suriah, Yaman, Bahrain dan Libya menjadi penyebab berlanjutnya perang dan mereka mencegah pencapaian solusi politik.

Sayid Nasrullah juga menyinggung Konferensi Herzliya di Palestina pendudukan (Israel), dan mengatakan, kehadiran para teroris dalam konferensi Herzliya menunjukkan peran Israel dalam kelanjutan perang di Suriah.

Di bagian lain pidatonya, Sekjen Hizbullah mengecam serangan terbaru teroris di Lebanon timur dan bandara Atarturk di Istanbul, Turki.

Source: www.parstoday.com

Komentari artikel ini secara ilmiah dan berahlak

komentar