MetroIslam.com – Ribuan orang di kerajaan Maroko ,Afrika Utara, mengadakan demonstrasi Selasa malam untuk menuntut pembebasan seorang pemimpin pemberontak di wilayah utara Rif yang bergolak.

Demonstrasi tersebut diadakan pada hari Selasa untuk menuntut kebebasan Nasser Zefzafi, pemimpin Gerakan Populer akar rumput di wilayah itu, yang ditangkap pada hari Senin.

Wilayah Rif di utara Maroko telah terguncang oleh kerusuhan sosial sejak kematian Mouhcine Fikri (31), seorang penjual ikan. Jasadnya ditemukan di sebuah truk sampah, pada bulan Oktober lalu.

Mouhcine Fikri sebelumnya gencar melancarkan protes atas perebutan ikan todak yang tertangkap di luar musim.

Gerakan membela Mouhcine Fikri berkembang menjadi gerakan warga lapisan bawah yang menuntut pekerjaan dan pembangunan ekonomi.

Saat itulah Zefzafi muncul sebagai pemimpin Al-Hirak al-Shaabi, atau “gerakan populer”, yang sebagian besar berbasis di Kota Al-Hoceima.

Para pemrotes mengadakan demonstrasi di dekat pusat al-Hoceima untuk malam kelima berturut-turut sekitar pukul 10 malam waktu setempat setelah berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan.

Peristiwa demonstrasi serupa juga dipentaskan di kota tetangga Imzouren, di tengah kehadiran pasukan polisi yang ketat, seperti yang ditunjukkan oleh gambar yang dipublikasikan di jaringan media sosial.

Source: www.arrahmanews.com

Komentari artikel ini secara ilmiah dan berahlak

komentar