MetroIslam.com – Salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Syaifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul mengapresiasi sekaligus merekomendasikan Film Nyai Ahmad Dahlan sebagai film yang layak ditonton masyarakat. Menurutnya, film yang berkisah mengenai sosok istri pendiri Muhammadiyah ini merupakan sangat menginspirasi wanita serta sebagai bagian dari upaya pembentukan karakter generasi bangsa ini, khususnya para wanita.

“Tidak perlu jauh-jauh jika ingin mencontoh sosok wanita yang hebat, contohlan Nyai Ahmad Dahlan dan silahkan tonton filmnya,” ungkap Gus Ipul usai acara Gala Premier Film Nyai Ahmad Dahlan di XXI Grand City Mall Surabaya, Selasa (22/8).

Acara nonton bareng Gala Premier Film Nyai Ahmad Dahlan ini juga diikuti oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur seperti Ketua Saad Ibrahim dan Sekretaris PWM Jatim Nadjib Hamid, serta dihadiri beberapa pemeran dalam film dan keluarga KH Ahmad Dahlan.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul yang juga merupakan Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengaku terpukau atas cerita perjuangan tokoh Islam asam Muhammadiyah tersebut. Ia menilai, sosok Nyai Ahmad Dahlan mampu menggambarkan sosok wanita yang berpendidikan, berkeinginan maju, serta tetap menjunjung tinggi kodratnya sebagai wanita untuk mengurus keluarga dengan baik. Disampaikannya bahwa Nyai Ahmad Dahlan mengajak wanita-wanita di sekitarnya untuk belajar membaca, menulism dan mengaji meski banyak halangan merintang.

“Jadi film ini sangat menarik. Bukan hanya untuk perempuan Indonesia, tapi juga untuk para laki-laki dan seluruh umat. Melalui film ini, kita jadi tahu akan pentingnya sosok perempuan tidak hanya dalam keluarga, namun juga dalam perkembangan jaman dan kemajuan ilmu. Top banget pokoknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Tim Promo Film Nyai Ahmad Dahlan Izzul Muslimin menuturkan bahwa sosok Nyai Ahmad Dahlan saat ini telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Oleh karenanya, film besutan sutradara Olla Ata Adonara ini merupakan salah satu langkah untuk mengenalkan dan mengisahkan sosok Nyai Ahmad Dahlan kepada khalayak ramai.

“Dari sini kami ingin memberitahukan kepada masyarakat kenapa Nyai Ahmad Dahlan pantas disebut pahlawan. Beliau adalah sosok wanita yang selain sebagai pendamping suami, juga ikut berjuang bersama. Beliau punya inisiatif dalam banyak hal. Intinya, ini contoh yang baik dalam kehidupan suami istri,” pungkasnya

Source: www.suaramuhammadiyah.id

Komentari artikel ini secara ilmiah dan berahlak

komentar