MetroIslam.com – Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik memuji keberadaan pesantren yang ternyata berperan dalam menyebarkan kedamaian.

“Selama 2,5 tahun, saya hanya mendengar tentang Pesantren Tebuireng yang punya peran sangat penting dalam sejarah Indonesia, dan saya yakin akan punya peran penting untuk masa depan Indonesia ke depan. Jadi, saya di sini untuk mempelajari dan melihat bagaimana Indonesia bisa lebih berhasil (mengatasi ekstremisme dan radikalisme),” ujarnya dalam rilis yang diterima, Jumat (28/4).

Duta Besar Inggris untuk Indonesia tersebut datang ke PP Tebuireng, Kabupaten Jombang, Kamis (27/4). Selain ke PP Tebuireng, Jombang, ia juga berkunjung ke Pesantren Gontor Ponorogo dan Pesantren Lirboyo Kediri.  Ke depan, ia berharap dapat membantu kalangan santri dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris. “Saya berpikir, salah satu keperluan ke depan adalah berkomunikasi dengan teman-teman di luar negeri. Karena semua masalah seperti ekstremisme dan radikalisme sudah melintasi batas negara, maka solusinya juga harus melintasi batas negara,” ujarnya.

Ia mengatakan pengalaman Indonesia sebagai negara yang beragam, demokratis dan maju, akan jauh lebih berguna bagi umat Islam di Inggris jika santri bisa berkomunikasi langsung dengan umat Islam di sana.  Hal itu diharapkan bisa menjadi jendela pembuka wawasan kaum santri agar dapat melihat kehidupan muslim dan nonmuslim di Inggris. Begitu juga sebaliknya.

Muslim Inggris, kata dia, sudah melihat gaya hidup dan budaya masyarakat Muslim Somalia atau Pakistan. Dengan melihat budaya Muslim Indonesia, dia berharap akan dapat menyebarkan lebih luas tentang pengalaman tersebut di negaranya.  “Jadi, kami ingin mempererat hubungan antara pesantren dan sekolah-sekolah di sana,” ujarnya.

Namun, ia tetap mengingatkan Indonesia juga harus waspada terhadap ancaman dan risiko ektremisme. Menurutnya, terdapat kelompok-kelompok radikal, termasuk perdebatan keras. Ia juga optimismtis para pemimpin politik, agamawan dan lembaga-lembaga keagamaan seperti Pesantren Tebuireng telah mengambil peran sangat penting untuk menjaga kerukunan dan perdamaian Indonesia, termasuk memastikan kemajuan ke depan, baik untuk umat muslim maupun nonmuslim.

Source: www.republika.co.id

Komentari artikel ini secara ilmiah dan berahlak

komentar