Metroislam.com – Beramal saja tak cukup untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Butuh keseriusan dan usaha yang lebih untuk meraih kesuksesan. Allah berfirman,

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ -٦٩-

Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan Tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik. (Al-Ankabut 69)

Poin:

  1. Allah menggunakan kata (جَاهَدُوا) yang bermakna bersungguh-sungguh. Hal ini menunjukkan bahwa manusia tidak cukup hanya beramal tapi harus berusaha dengan sungguh-sungguh dengan mengeluarkan segala kemampuannya.
  2. Kata (فِينَا) “untuk Kami” menunjukkan arti ikhlas. Segala usaha yang telah ia keluarkan hanya diniatkan untuk Allah dan hanya kepada-Nya. Sebesar apapun usahanya, jika dilakukan bukan karena Allah akan berakhir sia-sia.
  3. Jika seseorang telah melakukan dua syarat diatas, berusaha dan ikhlas maka inilah janji Allah kepada mereka (لَنَهْدِيَنَّهُمْ) Kami akan Tunjukkan kepada mereka….

Janji ini dikuatkan dengan Lam dan nun ta’kid yang ingin menekankan bahwa Allah akan benar-benar memberi petunjuk dan taufik untuk mereka.

  1. Apa yang akan Allah tunjukkan kepada mereka? (لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا) Kami akan Tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.

Disini Allah tidak mengatakan “jalan Kami” tapi “jalan-jalan Kami”. Ini menunjukkan bahwa Allah tidak hanya akan memberi satu jalan, tapi Dia akan menyiapkan banyak jalan untuk sampai pada tujuan kita. Maka jangan pernah putus asa, ketika kita gagal pada suatu jalan maka Allah akan membukakan jalan lain karena janji Allah tidak hanya memberi satu jalan saja.

  1. Maka orang yang bersungguh-sungguh dan ikhlas pada hakikatnya mereka adalah “orang baik yang sebenarnya” dan Allah pun selalu menyertai mereka. (وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ) Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.

Semoga Allah swt selalu menyertai dalam setiap langkah dan usaha kita…

Source: www.khazanahalquran.com

Komentari artikel ini secara ilmiah dan berahlak

komentar