MetroIslam.com – Belgia mengungkapkan kecemasannya terkait penyebaran paham Wahabi yang didukung Saudi di negara ini.

Berdasarkan laporan yang dirilis koran De Standaard Rabu (8/2), Badan Keamanan Nasional Belgia (OCAM) menyatakan, Saudi memberi bantuan dana untuk penyebaran ajaran Wahabi di masjid-masjid Belgia.

“Kami yakin, jumlah masjid dan pusat Islam di Belgia serta negara Eropa lain yang terpengaruh paham ini semakin meningkat tiap hari,”ungkap OCAM.

OCAM mengingatkan, Wahabi adalah ideologi radikal di bawah kekuasaan Arab Saudi. Para mubalig yang didukung Riyadh menyebarkan ajaran ini secara leluasa. Para teroris di seluruh penjuru dunia terinspirasi oleh ideologi ini. ISIS dan kelompok sejenisnya mengkafirkan dan membunuh penganut agama lain berlandaskan paham ini.

“Kami mengingatkan, para imam jamaah masjid-masjid ini secara bertahap menjadi pengikut paham Salafi atau sebelumnya memang sudah terpengaruh oleh pemikiran Salafi,”tambah OCAM.

Menurut OCAM, Saudi membuat sistem beasiswa yang sangat ‘murah hati’ untuk para mahasiswa luar negeri. Belakangan, para mahasiswa ini didorong untuk menyebarkan ajaran Wahabi di Belgia dan negara-negara Eropa lain.

Badan Keamanan ini menyatakan, para pejabat keamanan Saudi dan lembaga-lembaga Wahabi secara terbuka menyepakati metode ini untuk menyebarkan paham radikal ini.

Berdasarkan statemen resmi, dilihat dari persentase jumlah penduduknya, Belgia adalah negara Eropa yang warganya paling banyak bergabung dengan kelompok teroris di Suriah dan Irak.

Source: www.liputanislam.com

Komentari artikel ini secara ilmiah dan berahlak

komentar